12 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan


Pemanfaatan cuka apel telah lama menjadi praktik umum di kalangan penduduk di benua Amerika Utara. Belakangan ini, praktik pemanfaatan cuka apel telah menyebar ke berbagai benua, termasuk Asia. Bahkan banyak perusahaan yang telah memproduksi cuka apel dalam kemasan yang praktis dan ekonomis.

Jauh di zaman sebelum era Masehi, orang Babilonia telah lazim menggunakan cuka sebagai media pengobatan. Bapak ilmu kesehatan, Hipocrates juga menggunakan cuka untuk mengobati pasiennya. Columbus, penemu benua Amerika, dalam pelayaran selalu membawa cuka apel untuk mencegah penyakit skorbutus (pembengkakan dan pendarahan pada gusi karena kekurangan vitamin C). Dalam pelayaran berbulan-bulan itu tidak ada buah-buahan dan sayuran untuk dikonsumsi. Begitu pun dengan tentara Romawi yang terkenal perkasa, minum cuka dicampur air sebagai tonikum.

Ada banyak sekali manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh, maka tak heran ini sering digunakan sebagai obat rumahan. Cuka apel memiliki berbagai kegunaan yang telah terbukti efektif dan aman dalam pengelolaan berbagai kondisi kesehatan. Selama lebih dari seribu tahun, banyak yang sudah merasakan manfaat cuka apel dan telah digunakan untuk banyak hal; sebagai penyembuhan obat mujarab untuk berbagai penyakit seperti demam, batuk dan pilek, sebagai antibiotik, detoksifikasi, minuman energi, sebagai pengawet dan bumbu masakan, digunakan juga sebagai antiseptik-disinfektan untuk membersihkan luka dan alat-alat kesehatan, dan bahkan sebagai deodoran.

Cuka apel terbuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan akhirnya menjadi asam asetat. Cuka sari apel ini kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti, tembaga, fluor, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid , dan pektin.

Pepatah mengatakan, “satu buah apel sehari membuat Anda jauh dari dokter” hal ini benar-benar dicontohkan dengan menggunakan cuka apel. Wasiat dari penggunaan dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa banyak sekali khasiat dan manfaat cuka apel bagi kesehatan,  diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meredakan sakit tenggorokan, pilek, dan infeksi sinus.

Khasiat cuka apel juga berperan merawat tonsilitis (radang amandel). Aksi asam asetat sebagai antibiotik dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mengkumur larutan cuka apel yang telah dilarutkan ke dalam air putih yang hangat. Lakukan sebanyak 4 kali sehari untuk mendapatkan efek yang optimal.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi menjadi lebih rendah.

Cuka apel dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL-cholesterol) dan lemak (trigliserida) di dalam tubuh karena dapat meningkatkan sekresi empedu dan metabolisme lemak di dalam hati.

3. Bermanfaat untuk kulit, cuka apel dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat, kutil, dan bintik-bintik.

4. Detoksifikasi membantu menghilangkan racun.

Cuka  apel berperan membantu proses pembuangan toksin atau racun dari dalam tubuh karena dapat melancarkan fungsi hati untuk mendetoksifikasikan toksin. Di samping itu, asam asetat yang terdapat dalam cuka sari apel dapat bergabung dengan toksin yang menumpuk dalam darah untuk segera dibuang.

5. Mencegah alergi.

6. Meningkatkan kekuatan dan meningkatkan stamina.

Khasiat cuka apel adalah meningkatkan metabolisme. Kandungan potassium di dalam cuka apel dapat membantu meningkatkan energi dan menghindarkan tubuh dari ancaman mudah lelah dan lesu. Selain itu, cuka apel juga dapat menghindarkan pengumpulan asik laktat selama berakitivtas yang dapat menyebabkan tubuh merasa lesu dan sakit. Khasiat cuka apel seperti hormon anabolisme.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Meningkatkan metabolisme sehinga membantu menurunkan berat badan.

Asam asetat yang ada di dalam cuka apel dapat membuat kita mudah kenyang meskipun jumlah makanan yang kita konsumsi hanya sedikit. Selain itu, juga dapat memperlambat akumulasi lemak di dalam tubuh seperti pada lapisan adiposa kulit dan permukaan organ.

9. Melancarkan pencernaan dan membantu mempermudah buang air besar.

Salah satu khasiat cuka apel adalah untuk mengobati sembelit. Kandungan asam asetat yang terdapat di dalam cuka apel dapat bertindak sebagai antibiotik untuk membunuh kuman yang berbahaya. Selain itu, kandungan pektin yang tinggi di dalam cuka apel dapat mengobati sakit perut yang disebabkan oleh kram sistem pencernaan.

10. Mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi.

Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam di sekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesium yang terdapat dalam cuka apel berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

11. Membantu Mencegah Bau Mulut.

Asam asetat dapat bertindak sebagai antibiotik alami untuk membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan halitosis atau bau mulut tak sedap. Caranya adalah dengan berkumur dengan larutan cuka apel yang telah dicampurkan dengan air putih dalam rasio 1: 2.

12. Meringankan Infeksi kandung kemih.


Referensi:
Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya Ditulis oleh Staf  Editorial Review medis oleh dr. Ahmad Muhlisin
https://id.wikipedia.org/wiki/Cuka_apel

Artikel Lainnya: