Air Putih Dan Manfaatnya


Banyak orang yang meremehkan akan manfaat minum air putih. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, ataupun minuman berenergi lebih disukai ketimbang meminum air putih. Soft drink tergolong tinggi gula dan kalori, yang hanya akan menambah berat badan Anda. Sedangkan minuman berenergi juga harus dipertimbangkan, karena mengandung gula dan kafein. 

Untuk mengatasi rasa haus, pada dasarnya air putih yang bebas gula dan kalori merupakan pilihan yang terbaik untuk menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup. Manfaat minum air putih juga baik untuk kinerja fungsi tubuh kita, yang antara lain:

1.  Minum air putih dapat menjaga cairan tubuh atau mencegah dehidrasi.   

2.  Minum air putih juga membantu fungsi pencernaan dalam penyerapan makanan, sirkulasi, dan ginjal.

3.  Untuk mempertahankan suhu tubuh tetap normal.

4.  Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur.

5.  Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

6.  Ketidak seimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

7.  Dengan minum air putih kulit akan terlihat segar, tidak cepat kering dan berkerut.

8.  Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Jadi berapa banyak sebaiknya kita minum air putih?

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Sedangkan pada wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari, dan wanita yang sedang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.




Artikel Lainnya: