10 Bendungan Terbesar Di Dunia Ini, Bisa Menjadi Tempat Tujuan Wisata Anda


Pernahkah kamu ke bendungan terbesar di dunia? Percaya atau tidak, setiap bendungan, akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita. Ada berbagai alasan disetiap negara membangun bendungan. Banyak diantara bendungan memiliki sejarah dalam pembuatannya. Dari cara bendungan itu dibangun, sampai mulai digunakan, itu mempunyai kisahnya tersendiri, dan segala sesuatu tentangnya sangat menarik! 

Meskipun bendungan yang pertama kali dibangun diperkirakan ada di Mesir pada tahun 4000 SM, namun bendungan tertua yang masih digunakan sampai saat ini adalah bendungan Kallanai di Tamil Nadu, India. Dari berbagai kisah dan sejarah pembuatan bendungan yang ada di dunia, mungkin menarik minat Anda untuk kesana. Berikut adalah daftar 10 bendungan terbesar di dunia yang mungkin bisa di kunjungi sekali dalam hidup Anda. 

Bendungan Tarbela


Bendungan Tarbela adalah bendungan terbesar di dunia dengan jumlah volume airnya. Bendungan ini selesai dibangun pada tahun 1976 dan menyimpan air dari sungai Indus di Pakistan. Waduk Tarbela yang dibuat dari bendungan tersebut memiliki luas permukaan 250 kilometer persegi! Ini tidak hanya menjadikan Tarbela sebagai bendungan terbesar di dunia yang ada di bumi, tapi juga bendungan terbesar kelima di dunia berdasarkan volume airnya.

Tarbela berjarak 437 km dari Lahore dan dapat dijangkau dengan mudah melalui jalan darat. Waktu yang tepat untuk mengunjungi bendungan Tarbela adalah pada musim panas, pada musim dingin, tingkat air di waduk relatif lebih rendah karena sedimentasi. Sebenarnya, sedimentasi juga mempengaruhi umur bendungan. Tarbela diprediksi akan berfungsi penuh hanya sampai tahun 2060.

Bendungan Fort Peck


Dengan volume struktural bangunannya sebesar 96 kilometer persegi, bendungan Fort Peck di Montana adalah bendungan terbesar kedua di dunia, dan salah satu bendungan terbesar yang paling luar biasa di dunia. Bendungan ini dibangun di samping enam bendungan lainnya di sungai Missouri dan merupakan yang terbesar di antara mereka. Waduknya menciptakan danau buatan manusia terbesar kelima di AS - Danau Fort Peck. Bendungan ini juga merupakan bendungan terpanjang di dunia.

Setelah tujuh tahun mengalami kegagalan rekonstruksi yang berulang, bendungan Fort Peck akhirnya selesai pengerjaannya pada tahun 1940.

Bendungan Ataturk


Selain sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia, bendungan Ataturk juga merupakan salah satu bendungan tertinggi dan terpanjang di dunia dengan tinggi 166 meter. Dibangun pada tahun 1990 di sepanjang sungai Efrat di Turki. Bendungan ini adalah tujuan wisata utama karena waduknya yang besar. Waktu terbaik untuk mengunjungi bendungan adalah dari bulan September sampai Oktober, karena inilah saat Festival Olah Raga Air yang terkenal dan Kompetisi Berlayar Ataturk Dam Internasional berlangsung.

Bendungan Houtribdijk


Dibangun pada tahun 1968 di samping Danau Constance dan IJsselmeer. Karena jalan raya yang panjang di bendungan ini, Houtribdijk sering disebut "tanggul". Sebenarnya, bendungan ini juga disebut "bendungan Enkhuizen-Lelystad" oleh masyarakat setempat. Ini juga adalah salah satu tempat dengan pemandangan yang indah. Bendungan ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Belanda yang harus Anda kunjungi.

Bendungan Oahe


Selain menjadi salah satu bendungan terbesar di dunia, Oahe juga merupakan bendungan terbesar kedua di sepanjang sungai Missouri. Dibangun pada tahun 1968 dan menciptakan waduk buatan terbesar keempat di Amerika Serikat: Danau Oahe. Danau ini merupakan sumber utama daya tarik wisata karena kekayaan keanekaragaman hayatinya. Danau ini adalah rumah bagi berbagai spesies ikan dan sturgeon pucat yang terancam punah. Danau ini juga merupakan situs yang bagus untuk pengamat burung di bendungan terbesar di dunia ini!

Bendungan ini sangat dekat dengan Dakota Utara dan bisa ditempuh melalui jalan bebas hambatan. Danau Oahe membentang 231 mil dari bendungan dan  Anda akan sampai di sini terlebih dahulu sebelum sampai di danau.

Bendungan Gardiner


Bendungan ini adalah salah satu bendungan terbesar di dunia dalam hal tanggul, juga merupakan salah satu bendungan tertua dan terbesar di dunia. Pembangunannya selesai pada tahun 1967, menciptakan Danau Diefenbaker di hulu.Bendungan ini dinamai sesuai dengan nama dari menteri kabinet federal Kanada - James G. Gardiner.

Bendungan Gardiner adalah tujuan wisata terkenal di Kanada. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 dan menawarkan Tempat Wisata yang mewah. Berbagai stand dibangun melintasi bendungan menawarkan berbagai makanan, toko suvenir dan pemutaran film informatif yang menampilkan sejarah bendungan dan bagaimana bendungan itu dibangun. Taman terdekat dengan bendungan terbesar di dunia ini juga menawarkan fasilitas berkemah, hiking dan piknik.

Bendungan Jinping


Ada banyak perdebatan tentang bendungan tertinggi di dunia. Ada yang mengira itu adalah bendungan Rogun di Tajikistan, yang juga tercatat sebagai bendungan tertinggi di dunia. Namun, bendungan itu hanya bertahan sampai tahun 1993, saat dihancurkan dalam banjir. Pasalnya, bendungan tersebut masih dalam tahap konstruksi. Jadi, sebenarnya bendungan Jinping-I, dibangun pada tahun 2014, yang merupakan bendungan tertinggi di dunia. Bendungan ini memiliki lengkungan setinggi 305 meter dan merupakan sumber energi utama untuk industrialisasi, urbanisasi, dll.

Fakta bahwa perbaikan-perbaikan dari bendungan Jinping-I telah diduga terkait dengan serangkaian gempa bumi adalah alasan lain yang membangkitkan misteri dan ketertarikan di sekitar bendungan. Cara mencapai Bendungan Jinping-I, Anda bisa pergi ke Provinsi Sichuan, tempat bendungan itu berada.

Bendungan Mangla


Bendungan Mangla yang indah ada di lembah Kashmir, Pakistan yang disengketakan, atau yang juga disebut "Azad Kashmir". Bendungan ini selesai pada tahun 1967 di sungai Jhelum. Karena lokasinya yang kontroversial, tidak terbuka bagi pengunjung sampai beberapa tahun yang lalu. Namun, di tengah ketatnya keamanan penjaga, sekarang tidak lagi. Disana terdapat bermacam kegiatan olah raga air dan juga menawarkan perahu boat dan beberapa fasilitas lainnya. Juga, Anda dapat merencanakan perjalanan sehari ke bendungan Mangla karena perjalanannya yang menakjubkan dan Anda bisa mengunjungi Benteng Rohtas yang terkenal itu.

Bendungan Oroville


Dibangun pada tahun 1968 di seberang sungai Feather di California. Ini adalah bendungan tertinggi di Amerika Serikat dan membentuk Danau Oroville yang banyak dikunjungi para turis. Bendungan ini buka setiap hari dan memiliki banyak hal yang ditawarkan sehubungan dengan keindahannya. Danau Oroville sendiri menawarkan berbagai macam fasilitas bersepeda, berkemah dan memancing. Di sekitar danau, seseorang bisa mengunjungi Father Falls dan the Bald Rock yang luar biasa. Tempat ini bisa menjadi tempat piknik yang ideal.

Bendungan Hirakud


Dengan panjang 27 kilometer, Hirakud adalah bendungan terpanjang di dunia. Dibangun pada tahun 1957, bendungan ini sangat penting dalam sejarah, karena merupakan proyek lembah serbaguna pertama yang dilakukan oleh India pasca kemerdekaan. Oleh karena itu, ini juga merupakan bendungan India tertua.

Bendungan Hirakud sebagai objek wisata dapat dikunjungi sepanjang tahun. Dibangun di seberang sungai Mahanadi dan tempat wisata Odisha, tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke bendungan terpanjang di dunia ini. Bendungan ini sepenuhnya komersial dengan toko-toko yang menjual keripik dan biskuit di dalam kompleks bendungan. Bagian terbaik tentang bendungan ini adalah, karena setiap musim menampilkan sisi yang berbeda, dan disetiap musim akan memikat hati Anda untuk berkunjung

Artikel Lainnya: