Mengenal Sir Richard Arkwright


Sir Richard Arkwright adalah seorang penemu mesin pintal (1769), bapak sistem pabrik, pengusaha industri tekstil, perwira tinggi polisi, dan juga warga negara Inggris. Ia lahir di Preston, Lancashire, Inggris, pada tanggal 23 Desember 1792 dan meninggal di Cromford, Derbyshire, Inggris, pada tanggal 3 Agustus 1792 pada umur 60 tahun.

Arkwright anak bungsu, dan ia tidak tamat SD. Pada umur 10 tahun ia bekerja sambil belajar pada tukang pangkas rambut. Sesudah menjadi tukang pangkas rambut beberapa bulan ia bekerja sambil belajar pada tukang membuat wig (rambut tiruan). Sesudah itu ia menjadi pembuat wig dan mengembara hampir ke seluruh Inggris untuk menjual wig.

Selama menjelajah di desa-desa Inggris, ia sering melihat orang memintal benang dan menenun kain. Pada umur 20 tahun ia menikah dengan Patience Holt. Pada tanggal 19 Desember 1755 anaknya yang pertama lahir. Anaknya laki-laki dan diberi nama Richard. Tapi tahun berikutnya Patience Holt meninggal. Enam tahun kemudian ia menikah lagi dngan Margaret Biggins dan dikaruniai anak perempuan. Arkwright mendapatkan harta warisan dari ayahnya. Dengan harta warisan itu ia mendirikan toko wig.

Pada waktu itu sudah ada alat pintal benang. Tapi sebuah alat pintal pada waktu itu hanya menghasilkan seutas benang. Sebenarnya pada tahun 1764 Hargreaves sudah membuat alat pintal yang dapat menghasilkan 30 benang. Tapi sayangnya, benang yang dihsilkan Hargreaves kurang kuat. Dan Setelah bekerja keras selama 5 tahun, pada tahun 1769 Arkwright berhasil membuat alat pintal yang lebih baik. Benang yang dihasilkannya lebih tinggi mutunya daripada benang buatan Hargreaves.

Dua tahun kemudian (1771) di Cromford, Arkwright mendirikan pabrik pintal benang pertama di dunia. Pabrik itu menggunakan tenaga air dan dapat menghasilkan benang bermutu tinggi dengan cepat. Tapi buruh-buruhnya mulai kuatir. Mereka mengira, bila produksi benang sudah terlalu banyak, mereka akan dipecat. Maka mereka kemudian berontak dan menghancurkan pabrik itu. 

Namun kesulitan belum berhenti disini. Dari pelbagai pihak datang protes dan tuduhan. Arkwright dituduh mencuri hasil penemuan orang lain. Arkwright diseret ke pengadilan. Ia kalah, dan kehilangan hak patennya. 

Tapi karena sifat Arkwright yang sabar dan suka humor, dan dengan bantuan sahabat-sahabatnya akhirnya ia dapat mendirikan industri pemintalan di beberapa tempat. Menjelang tahun 1789 ia mempunyai 8 pabrik pemintalan, yang 5 buah terletak di Derbyshire. 

Beberapa pabrik milik orang lain menggunakan mesin pintal buatan  Arkwright. Pada tahun 1782 ia mempunyai 5.000 karyawan dan modal sebesar 200.000 poundsterling atau kira-kira 3,5 milliar rupiah.

Artikel Lainnya: