Siapa Edwin Howard Armstrong?


Edwin Howard Armstrong adalah bapak sirkuit, penemu FM radio, penemu sirkuit regeneratif dan superheterodin, insinyur listrik, guru besar, jutawan, dan warga negara Amerika Serikat. Ia tokoh fisika yang besar, setaraf dengan Ampere, Bell, Faraday, dan Marconi.

Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1890 di New York City dan meninggal pada tanggal 1 Februari 1954 di New York City juga pada usia 64 tahun. Ayahnya seorang penerbit buku, dan ibunya mantan seorang guru. Armstrong anak pemalu sejak kecil, ia tertarik pada mesin, kereta api, dan segala peralatan yang dianggapnya aneh.

Pada umur 14 tahun  Armstrong membaca tentang telegraf buatan Marconi. Pada waktu itu Marconi berhasil mengirimkan berita tanpa kawat ke seberang Samudra Atlantik. Tapi suara  kode morse itu hanya terdengar sayup-sayup, dan tidak jelas. Sejak itu  Armstrong bercita-cita membuat suara radio sejelas mungkin.

Pada umur 17 tahun, ketika ia masih SMA, ia berhasil membuat sendiri stasiun radio di rumahnya. Dan pada umur 19 tahun ia masuk Universitas Columbia, ia pulang pergi naik sepeda motor merah, hadiah ulang tahun dari ayahnya.

Pada tahun 1907 De Forest menemukan tabung hampa yang bernama trioda atau audion. Tabung hampa ini dapat memperkuat suara lemah pada batas tertentu.  Armstrong  segera mempelajari tabung hampa buatan De Forest itu. Lima tahun kemudian (1912)  Armstrong berhasil membuat sirkuit regeneratif atau sirkuit feedback.

Dengan sirkuit ini tabung hampa De Forest dapat memperkuat suara beribu-ribu kali, hampir mencapai setengah keras suara radio dan televisi zaman sekarang. Tapi akibat penemuan itu terjadilah perdebatan sengit selama 14 tahun di pengadilan.

Dan  Armstrong  dinyatakan sebagai pihak yang kalah. Namun para ilmuan menganggap keputusan pengadilan tidak adil dan tidak benar.

Artikel Lainnya: