Mengenal Aston (1877-1945)


Francis William Aston adalah ahli fisika yang berasal dari Inggris, yang menemukan spektograf masa (1919), pemenang hadiah Nobel (1922) untuk kimia karena menemukan isotop, penulis, penerima Royal Medal (Medali Kerajaan) pada (1921), lulusan Universitas Birmingham dan Universitas Cambridge, asisten Thomson dan Rutherford, anggota kehormatan Akademi Sains milik Uni Soviet.

Buku karangannya berjudul isotop (1922), Spektograf Massa dan Isotop (1942). Isotop adalah atom-atom sebuah unsur yang sama, tapi bobot atomnya berlainan. Spektograf adalah alat untuk memfoto spektrum, sinar yang terurai sesudah menembus prisma. Spektograf massa adalah alat unutk memotret massa atom. Dengan alat itu dapat diketahui mana atom yang ringan dan mana atom yang berat.


Aston lahir di Harbone, Birmingham, Inggris, pada tanggal 1 September 1877 dan meninggal di Cambridge, Inggris, pada tanggal 20 November 1945, pada umur 68 tahun. Sejak kecil ia belajar kimia, tapi setelah Roentgen menemukan sinar-X pada tahun 1895, Aston mulai mempelajari terjadinya sinar-X. Hal ini dilakukannya ketika berumur 26 tahun.

Tujuh tahun kemudian (1910) ia menjadi asisten Thompson, ahli fisika terkenal di Iniversitas Cambridge. Thompson menyelidiki sinar bermuatan positif yang berasal dari pelepasan gas. Sesudah menyelidiki neon, Thompson berkesimpulan bahwa hanya neonlah yang terdiri dari campuran isotop.

Pada tahun 1914-1918 pecah Perang Dunia I. Aston diangkat menjadi insinyur pesawat tempur. Sesudah perang selesai ia kembali ke Cambridge. Di sini ia membuat alat sinar positif jenis baru. Alat itu diberi nama spektograf massa. Dengan alat ini ia dapat mengukur atom yang berlainan masanya dan mengukur bobotnya dengan ketepatan yang luar biasa. Dengan alat ini ia dapat membuktikan bahwa kesimpulan Thompson kurang tepat.

Tidak hanya neon yang terdiri dari campuran isotop, tapi banyak unsur yang lain juga merupakan campuran isotop. Bahkan Aston dapat menemukan 212 dari 287 isotop yang terjadi secara alamiah. Karena prestasinya, pada tahun 1921 Aston diangkat menjadi anggota Royal Society.

Artikel Lainnya: