Mengenal Roger Bacon (1220-1292)


Roger Bacon adalah filsafat dan ilmuwan Inggris, tokoh pendidikan, biarawan Fransiskan, bapak ilmu pengetahuan modern. Ia mengatakan Al-Kitab penting untuk memperkuat iman, tapi pengamatan, eksperimen, pengukuran, dan matematika sangat penting bagi ilmu. Ia rajin sekali mempelajari beberapa bahasa, ilmu kimia, astronomi, matematika, dan juga optika. Karena pengetahuannya yang sangat luas ini, ia mendapat julukan doktor mirabilis yang artinya sarjana yang mengagumkan.

Bacon berasal dari keluarga kaya. Ia lahir kira-kira pada tahun 1220. Tempat lahirnya tidak diketahui dengan pasti. Mungkin di Hshester, atau mungkin di Bisley. Masa kecilnya juga tidak diketahui. Pada umur 13 tahun ia masuk Universitas Oxford. Setelah kuliahnya selesai Bacon mengajar di Universitas itu. Kira-kira pada tahun 1245 ia mengajar di Universitas Paris. 

Diagram geometrik ciptaan Bacon

Ia memberikan kuliah tentang Aristoteles. Ia menjadi masyhur, tetapi memiliki banyak musuh, karena ia suka melontarkan kritik yang pedas dan tajam terhadap para ahli teologi dan ilmuwan yang tidak pernah mengadakan pengamatan, eksperimen, dan pengukuran. Kata orang, karena sikap Bacon yang menentang arus zaman, Bacon dijebloskan ke dalam penjara selama 14 tahun. Ia baru dibebaskan kembali setelah dua tahun sebelum meninggal.

Ketika Bacon berumur 80 tahun ia berpendapat bahwa daging tidak akan busuk bila dibekukan. Dan pada pertengahan musim dingin, ketika itu udara benar-benar sangat dingin, Bacon ingin membuktikan kebenaran teorinya. Ia keluar rumahnya sambil membawa ayam mati. Ayam mati itu diisinya dengan salju. Karena Bacon sudah tua dan daya tahan tubuhnya sudah lemah, ia kedinginan dan menghembuskan napasnya yang terakhir.   

Artikel Lainnya: