Mengenal Tokoh; Leo Hendrik Baekeland


Leo Hendrik Baekeland adalah seorang ahli kimia yang berasal dari Belgia, ia juga seorang doktor, guru besar, penemu Bakelit, penemu kertas foto Velox, direktur utama perusahaan plastik, dan sebagai bapak industri plastik. Ia dilahirkan di Ghent, Belgia, pada tanggal 14 November 1863 dan meninggal di Beacon, New York, pada tanggal 23 Februari 1944.

Pada tahun 1889 Baekeland mendapatkan beasiswa untuk belajar di Amerika Serikat. Beasiswa tersebut hanya untuk tiga tahun saja, tapi Baekeland memutuskan untuk menetap di negara tersebut. Dan kemudian dia pun berganti kewarnegaraan. Ia menjadi warga Amerika Serikat. 

Karena hobinya dalam bidang fotograpi, ia mendapat pekerjaan di perusahaan fotograpi. Pada saat itu untuk mencetak gambar dari negatif film pada kertas harus menggunakan sinar matahari. Hal ini kurang praktis, apalagi jika cuaca sedang hujan atau pada waktu malam. Dan, dalam waktu singkat Baekeland dapat menciptakan kertas foto yang disebut Velox. Dengan kertas ini negatif film dapat diproses dengan sinar lampu, dan tanpa sinar matahari.

Pada tahun 1893 Baekeland mendirikan pabrik kertas Velox, yang ia beri nama Nepera Chemical Company. Dan enam tahun kemudian ia menjual perusahaan tersebut senilai satu juta dollar kepada Eastman, penemu kamera. Dan, dengan uang hasil penjualan pabriknya, sebagian ia  gunakan untuk pergi ke Jerman, dan sebagiannya lagi ia gunakan untuk mendirikan labolatorium di Yonkers, New York. 

Baekeland mulai mengadakan eksperimen, pada tahun 1905. Hasil jerih payahnya yang terbaik adalah plastik tahan panas. Plastik ini ia beri nama Bakelit, sesuai dengan namanya sendiri. Baekeland bukanlah orang pertama di dunia yang menemukan plastik. 

Plastik ditemukan oleh Hyatt pada tahun 1870 sebagai seluloid. Namun Baekeland-lah orang pertama di dunia yang menemukan plastik yang tidak cepat lunak ketika dipanaskan. Dan lima tahun kemudian ia mendirikan pabrik plastiknya. Selama 29 tahun  ia menjadi direktur utamanya sampai tahun 1939.     

Artikel Lainnya: