Ternyata Otak Pria Lebih Cepat Menua


Para peneliti di Sistem Kesehatan Henry Ford (HFHS) menemukan bukti bahwa otak pria menyusut lebih cepat sejalan meningkatnya usia dibandingkan wanita. Demikian tulisan di homepage HFHS.

Menurut penelitian ini, yang dipublikasikan di Archives of  Neurology edisi Februari 1998, penyusutan otak, yang terjadi secara alami seiring penuaan, lebih nyata pada pria. "Kami menemukan penyusutan yang berkaitan dengan penuaan lebih banyak terjadi pada pria di tiga bagian otak yang berperan pada aktivitas berpikir, merencanakan, dan mengingat," kata Dr. C. Edward Coffey, Ketua Departemen Psikiatri Henry Ford dan peneliti utama studi itu. "Efek penuaan juga diamati di bagian lain otak, tapi di bagian lain efeknya sama pada pria maupun wanita."

Para peneliti menggunakan teknologi magnetic resonance imaging untuk mengukur ukuran otak 330 pria dan wanita sehat di atas usia 66 tahun. Hasilnya, penyusutan otak, sebagaimana ditunjukkan lewat peningkatan cairan cerebrospinal di sekeliling bagian luar otak, lebih besar pada pria. Akumulasi cairan ini terutama terdapat pada bagian depan dan tengah otak. Hal ini merupakan indikasi penyusutan di kedua bagian itu. Bagian depan dan tengah otak mengontrol kemampuan berpikir, merencanakan, dan mengingat.

Penyusutan lebih besar secara jelas teramati di bagian perieto-occipital pria. Bagian ini, yang terletak di belakang otak, bertanggung jawab terhadap proses berpikir serta mengintegrasikan informasi yang diperoleh otak. Peneliti di Henry Ford kini sedang mengamati efek yang terjadi karena perbedaan ukuran itu pada tingkah laku. "Ada perbedaan tingkat pengaruh gangguan otak karena penuaan pada pria dan wanita, seperti hilangnya ingatan serta penyakit Alzheimer. Penemuan ini dapat membantu menjelaskan perbedaan tersebut," ujar Coffey. "Kami juga meneliti perbedaan fungsional yang mungkin terjadi akibat percepatan penyusutan otak karena penuaan pada pria."


Referensi: 
Memahami Otak, Sekali lagi: Otak Pria lebih Cepat Menua, oleh  Atika Walujani.

Artikel Lainnya: