Dapatkan Beberapa Manfaat Dari Rutin Berenang


Dengan berolahraga rutin menjadikan tubuh kita menjadi sehat. Salah satu olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan adalah berenang. Seperti olahraga yang lain, berenang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Dengan berenang seluruh otot tubuh kita bekerja, ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan juga kardiovaskular kita. Dengan demikian, tubuh akan selalu bugar dan sehat.  Adapun beberapa manfaat berenang untuk kesehatan tubuh kita adalah:

Mencegah Obesitas

Dengan rutin berenang minimal 2x dalam seminggu sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan kegemukan. Karena dengan berenang kalori dalam tubuh kita akan terbakar, hal ini disebabkan oleh banyaknya bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Dengan berenang selama satu jam saja Anda bahkan bisa membakar 800 sampai 900 kalori dalam tubuh. Dan dengan berenang ini, akan menjadikan tubuh kita tetap fit dan ramping.

Menguatkan otot -otot

Dengan berenang secara teratur memungkinkan kita memiliki jantung yang kuat dan stamina otot lebih baik. Berenang juga memungkinkan penyembuhan otot yang terluka lebih cepat dan efektif.

Menghilangkan Stres 

Kegiatan ini dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang setelah berenang mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran.

Meredakan Sakit punggung

Dengan berenang diketahui mengurangi peregangan jaringan ikat tubuh, ini adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat.
Berenang juga bisa membantu bagi penderita arthritis dan osteoporosis, juga orang yang sering mengalami nyeri kaki hingga punggung bagian bawah.

Kehamilan

Kolam renang akan membantu memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bahu. Oleh karena itu, berenang adalah bentuk olahraga yang sangat berguna untuk wanita hamil. Latihan dalam air ini akan meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan.
Hasil studi yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis, bahwa dengan berenang secara teratur bagi wanita hamil dapat mengurangi resiko keguguran. Unutk wanita yang sedang hamil, sebaiknya menggunakan cara berenang yang baik atau dipandu oleh instruktur renang yang berpengalaman.

Kanker Payudara

Pasien pasca operasi kanker payudara, disarankan oleh para ahli medis untuk berenang. Hal ini dilakukan agar dapat menguatkan kembali otot-otot yang melemah pasca operasi. Sebaiknya berkonsultasi sebelumnya dengan dokter sebelum memulai berenang.

Menambah tinggi badan

Pada masa pertumbuhan, anak-anak dan remaja akan mendapatkan hasil yang luar biasa dengan berenang. Olahraga ini dapat membantu membangun otot dan pertumbuhan tulang. Berenang secara rutin bagi anak-anak memiliki tubuh lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang jarang atau tidak pernah berenang sama sekali .

Banyak manfaat yang kita dapat dari berenang, setiap orang di seluruh dunia mengakui bahwa berenang merupakan bentuk olahraga yang membuat tubuh mereka tetap fit dan sehat. Ini adalah olahraga sekaligus rekreasi yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Anda juga dapat menikmatinya dengan teman atau keluarga di kolam renang ataupun di laut.

Artikel Lainnya: