Manfaat Dari Buah Delima


Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Perbanyakan dengan setek, tunas akar atau cangkok. Pome atau delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah. Untuk membuat jus delima sebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak terkandung senyawa polifenol.

Buah delima menurut kedokteran mempunyai berbagai manfaat, antara lain sebagai berikut:

1. Buah delima banyak mengandung zat asam tanat yaitu zat yang mempunyai keistimewaan sebagai pembasmi dan pembersih bakteri.

2. Kulitnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare dan wasir (ambeien).

3. Jus buah delima dapat digunakan sebagai obat tetes hidung. Hal ini dilakukan untuk membuka atau melegakan rongga hidung pada saat tersumbat, seperti selesma dan pilek.

4. Bunga delima yang sudah direbus dapat mengobati gusi yang bengkak.

5. Buah delima dapat dipergunakan sebagai zat efektif pengusir cacing parasit  (yang ada pada usus).

6. Rebusan kulit akar delima (senilai 60gr pada satu liter air selama seperempat jam), minum air rebusan tersebut untuk membunuh cacing pita yang ada di tubuh.

Ibnu Qayim dalam buku At-Tibb An-Nabawi (Pengobatan ala Rasulullah SAW) berkata tentang buah delima, "Sesungguhnya buah delima itu sangat baik untuk perut karena dapat menguatkannya." Bermanfaat bagi tenggorokkan, dada, dan paru-paru, baik sekali untuk mengobati penyakit batuk, dapat melancarkan saluran kencing, meredakan suhu panas hati, serta zat asamnya untuk mengobati radang perut. 


Referensi:
Rahasia Kesehatan Nabi, penulis Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid
https://id.wikipedia.org/wiki/Delima

Artikel Lainnya: