Trofi Piala Dunia Dan Sejarahnya


Pada tahun 1921 Jules Rimet yang saat itu menjabat Presiden ketiga Sepak Bola tertinggi dunia FIFA, berencana ingin mengadakan turnamen internasional sepak bola antar negara. Dengan menggandeng beberapa temannya yang tergabung di FIFA, mereka mulai menyusun persiapan turnamen, membuat peraturan pertandingan, hingga memesan trofi.

Turnamen sepak bola internasional pertama sebenarnya sudah ada sejak tahun 1908, olahraga sepak bola sudah menjadi bagian dari Olympiade. Namun sepak bola di Olympiade hanya boleh di ikuti oleh pemain amatir. Itulah mengapa Piala Dunia bukan merupakan turnamen sepak bola internasional yang pertama.

Piala Dunia yang pertama diadakan di Uruguay dan berlangsung dari 13 Juli sampai dengan 30 Juli 1930. Ditunjuknya Uruguay sebagai tuan rumah dikarenakan prestasinya sebagai juara Olympiade pada tahun 1924 dan 1928. Piala Dunia pertama ini hanya diikuti oleh 13 negara, 4 negara dari benua Eropa dan 9 negara dari benua Amerika. Pada edisi perdana ini peserta dari negara Eropa sangat sedikit, hal itu disebabkan karena jarak tempuh antara benua Eropa dan Amerika yang terlalu jauh.

Setelah mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di babak final, menjadikan Uruguay sebagai juara Piala Dunia edisi perdana ini, dan Uruguay adalah  negara pertama yang berhak atas trofi Piala Dunia.

TROFI JULES RIMET CUP


Pada konggres FIFA yang berlangsung di Luksemburg tahun 1946, untuk mengenang jasa pencetus Piala Dunia, nama Jules Rimet disepakati menjadi nama resmi trofi tersebut. Sebelumnya sebutan trofi tersebut adalah Coupe du Monde de Football Association, atau Piala Dunia Sepakbola.

Trofi yang dirancang oleh pematung Perancis Abel Lafleur, berbentuk seorang dewi sedang memanggul cawan. Tinggi trofi ini 35 cm dengan berat 3,8 kg, sedangkan pada bagian kepala tropi terbuat dari perak dan emas, sementara di bagian bawah terbuat dari semi batu mulia dan dilapisi lazuli.

Pada tahun 1966 saat dipamerkan didepan publik di Inggris, trofi ini hilang. Akhirnya seekor anjing yang bernama Pickles berhasil menemukan kembali trofi Jules Rimet tersebut.

Brasil, sebagai negara pertama yang berhak memiliki trofi Jules Rimet untuk selamanya, setelah berhasil memenangkan Piala Dunia sebanyak tiga kali. Namun sangat disayangkan, pada tahun 1983, ketika disimpan di Bank Sentral di Rio de Janeiro, trofi tersebut hilang dan dilebur oleh para pencurinya. 

TROFI WORLD CUP


FIFA memutuskan untuk membuat trofi baru, sejak trofi Jules Rimet menjadi milik negara Brasil. Dan trofi baru rancangan seniman Italia Silvio Gazzaniga, resmi digunakan pada Piala Dunia tahun 1974 di Jerman Barat.

Piala ini mempunyai tinggi 36 cm, berat 4,97 kg dan dibuat dari emas 18 karat. Pada bagian bawahnya terdiri dari dua lapis semi batu mulia malachite dan menjadi tempat 17 plat nama pemenang sampai Piala Dunia 2038. Sempat ada usul untuk mengabadikan Presiden FIFA periode 1961 - 1974 Sir Stanley Rous untuk dijadikan nama trofi ini. Namun usulan ini kurang mendapat persetujuan, dan akhirnya trofi ini diberi nama World Cup.

Piala Dunia hingga saat ini sudah diselenggarakan sebanyak 20 kali. Pada Piala Dunia 2014 lalu di Brasil, negara Jerman berhasil mendapatkan juara setelah mengalahkan Argentina dengan skor tipis 1-0. Namun hanya 8 negara yang pernah merasakan menjadi juara Piala Dunia. Negara Brasil, berhasil menjadi juara Piala Dunia sebanyak 5 kali, disusul Jerman dan Italia sebanyak 4 kali, Argentina dan Uruguay 2 kali, serta Inggris, Perancis, dan Spanyol masing-masing 1 kali.

Artikel Lainnya: