Mengenal Olahraga Diving Yang Menjadi Tren Masa Kini


Siapa yang tidak ingin melihat keindahan bawah laut Bunaken, atau Raja Ampat. Hal itu bisa Anda lakukan dengan Diving. Diving sebagai olahraga menyelam dan juga kegiatan rekreasi telah menjadi populer saat ini.

Dengan banyaknya media yang menampilkan keindahan alam bawah laut Indonesia, semakin banyak pula yang menekuni diving sebagai hobi. Asal muasal dan perkembangan diving di Indonesia, menurut Rendra Hertiadhi, yang seorang diver profesional sekaligus anggota dari Global Underwater Explorers adalah sebagai berikut:

Olahraga menyelam masuk ke Indonesia melalui militer. Diving digunakan oleh tentara kita sejak masa Perang Dunia II. TNI mulai memiliki Komando Pasukan Katak, pada tahun 1960-an, dimana menyelam termasuk ke dalam latihannya.

Diving mulai merambah ke lahan sport dan rekreasi pada tahun 1980-an. Pada era ini kemudian lahir klub selam seperti POPAL (Persatuan Olahraga Perairan Angkatan Laut). Diving sebagai olahraga rekreasi juga semakin populer dengan semakin banyaknya penyelam yang terus mengeksplorasi situs-situs selam di Indonesia.

Agensi pelatihan olahraga menyelam seperti PADI dan NAUI, mulai masuk pada tahun 1980-an. Dan dengan berdirinya POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) sebagai wadah olahraga selam di Indonesia, diving menjadi semakin populer dengan munculnya berbagai klub selam di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

Artikel Lainnya: