Fungsi Bendungan Untuk Kehidupan Manusia

Bendungan adalah sebuah bangunan yang dibuat untuk menahan laju air, dan dapat menjadi waduk, atau danau, yang kegunaannya untuk Pembangkit Aliran Listrik Tenaga Air (PLTA) atau bisa juga sebagai  tempat rekreasi. Kebanyakan bendungan juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Fungsi Bendungan antara lain :


1. Sebagai pembangkit listrik

Bendungan Guri, Venezuela, menghasilkan listrik 10.055 MW
Listrik tenaga air adalah sumber utama listrik di dunia. Banyak negara memiliki sungai dengan aliran air yang memadai, yang dapat dibendung. Dengan dibendungnya aliran sungai ini, sebuah bendungan dapat mengontrol deras atau tidaknya aliran air untuk menggerakkan turbin yang dapat menghasilkan listrik.

2. Sebagai tempat kontrol menstabilkan aliran air /irigasi

irigasi air
Sering kita melihat bendungan digunakan  untuk mengontrol dan menstabilkan aliran air, yang kegunaannya untuk pengairan pada lahan pertanian dan irigasi.  Bendungan dapat membantu menstabilkan atau mengembalikan tingkat air danau dan laut pedalaman.  Bendungan menyimpan air yang dapat digunakan untuk minum ataupun kebutuhan manusia secara langsung.

3. Untuk mencegah terjadinya banjir

bendungan mencegah banjir
Bendungan diciptakan untuk pengendalian banjir. Sebuah daerah yang dibawah permukaan air laut banyak memanfaatkan bendungan untuk pengendalian banjir. Contohnya adalah bendungan-bendungan yang dibangun di negara Belanda, dan  bendungan Scrivener, yang berada di Canberra Australia, yang dibangun untuk mengatasi banjir 5000-tahunan.

4. Bendungan juga sering digunakan untuk tujuan hiburan atau sebagai tempat rekreasi

bendungan sebagai tempat rekreasi
Banyak pemanfaatan dari sebuah bendungan yang digunakan sebagai tempat rekreasi, diantara kegiatan yang dapat dilakukan seperti, memancing, olahraga air, berkemah, ataupun sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan sekitar bendungan. Seperti yang ter:pat di taman rekreasi bendungan karangkates (Malang), bendungan solorejo (Malang),bendungan palasari di (Bali).

Artikel Lainnya: