Manfaat Buah Anggur


Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.  Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.  Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Buah anggur mengandung sekitar 15% zat gula. 7% diantaranya berbentuk glukosa. Kadar zat gula ini apat bertambah setiap kali buahnya bertambah matang. Buah anggur memiliki komposisi zat gula paling sederhana dan paling mudah dikunyah, dicerna, dan melekat pada tubuh. Buah anggur mengandung sekitar 1,5% zat protein dan 1,5% zat lemak.

Buah anggur sangat kaya dengan vitamin B kompleks yang banyak bekerja mengaktifkan tubuh manusia. Vitamin B kompleks merupakan perangkat penting untuk menjaga keselamatan sel saraf. Buah anggur juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkecil kemungkinan-kemungkinan menjangkitnya berbagai bakteri dan kuman. Buah anggur dapat menghasilkan 68 kilo kalori.
 

Tabel Nilai Nutrisi Buah Anggur (dalam 100 gram buah anggur)

Manfaat buah anggur buat tubuh kita antara lain:

1. Buah anggur dapat meringankan beban usus. Sangat bagus dikonsumsi untuk orang yang mengalami penyakit sembelit (sulit buang air).

2. Buah anggur dapat memperlancar saluran kencing dan memperkecil kadar asam urat dalam pada darah. Asam urat adalah salah satu sisa makanan yang mempunyai efek berbahaya bagi kesehatan karena dapat mengendap pada sendi-sendi yang mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya, seperti encok, dan rematik.

3. Buah anggur mengandung zat gula (glukosa) yang dapat membantu menjaga kestabilan hati, mengaktifkan tugas-tugasnya, dan menambah sirkulasi hasil yang diserap oleh hati.

4. Perasan buah anggur berfungsi menghilangkan lendir, dahak, dan batuk.

Cara membuat minuman yang sehat dari buah anggur:

100 gram buah anggur yang masih segar dicuci bersih dan dibuang bijinya, lalu diblender bersama 50 cc air matang. Jus ini diminum secara rutin satu gelas sehari setelah makan siang. Minuman ini baik untuk mencegah kostipasi, membersihkan hati, membantu fungsi ginjal, membantu pembentukan darah, menonaktifkan virus, dan dapat juga menurunkan kolesterol.


Referensi:
Rahasia Kesehatan Nabi penulis, Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid
terapi herbal berdasarkan golongan darah, penulis Ir. Lukas Tersono Adi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Anggur

Artikel Lainnya: