Khasiat Buah Merah Untuk Kesehatan


Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus karena tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang, walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Kandungan kimia:

Buah merah mengandung protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, dan C, niasin, serata air.

Khasiat dan manfaat:

Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina. Tanaman ini dipercaya dapat  mengobati kanker, AIDS, darah tinggi, asam urat, stroke, diabetes melitus, dan jantung.

Cara penggunaan:

Minyak buah merah dikonsumsi 2 kali sehari, masing-masing 1 sendok teh. Terapi ini digunakan untuk mengobati penyakit hipertensi, jantung, kolesterol, dan stroke. Pada konsumsi awal minum 1 kali sehari sebanyak 1 sendok teh. Satu minggu kemudian dosisnya bisa ditingkatkan.


Referensi:
terapi herbal berdasarkan golongan darah, penulis Ir. Lukas Tersono Adi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Buah_merah_papua

Artikel Lainnya: