Buah Melon


Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

Menurut Asal-usulnya, konon tanaman melon berasal dari daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Secara khusus ada yang menyebutkan bahwa melon berasal dari lembah persia (Syiria). Tanaman ini kemudian menyebar luas ke Timur Tengah dan merambah ke Eropa (Denmark, Belanda, dan Jerman). Dari Eropa , melon dibawa ke Amerika pada abad ke-14 dan ditanam secara luas di daerah Colorado, California, dan Texas. Akhirnya, tanaman melon menyebar ke segala penjuru dunia, terutama pada daerah tropis dan subtropis mulai dari jepang , china, taiwan, korea, Australia, hingga berkembang di Indonesia.

Melon mengandung zat antikoagulan (antipengendapan) yang disebut dengan adenosin. Selain itu, kandungan karotenoidnya juga cukup tinggi.

Manfaat buah ini adalah sebagai anti kanker, mencegah penggumpalan darah, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, menghentikan penggumpalan darah, dan mencegah kanker paru.


Referensi:
terapi herbal berdasarkan golongan darah, penulis Ir. Lukas Tersono Adi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Melon

Artikel Lainnya: